Kamis, 03 November 2011

Polytron U-Slim 29" Protec

kemarin aku dapat kerjaan benerin Tv pelanggan... Merk POLYTRON SLIM 29" ... IC tunggal.
Kerusakanya adalah :-  TV protec  ( nyala bentar,belum keluar gambar standby lg.)
Mulai pembongkaran ..
-mulailah ku buka penutupnya, kulepas smua socket ke defleksi dan juga tabung crt,agar lebih mudah dan leluasa mengerjakannya.
-  satu demi satu semua jalur tegangan aku cek , apakah ada yang Short.output power supply Aman,bagian Horyzontal Aman,Vertical Aman.
-akhirnya kuputuskan untuk menyalakan mesin TV tersebut untuk dapat melihat suply tegangan dengan mudah.
-semuanya aku Cek,dan ternyata semua normal . tapi knapa protek ?... langsung saja aku menuju pada pin IC yang ada tulisanya (protec).dari pin ic tersebut menuju ic Vertical (stv...) yang di hubungkan dengan resistan , Zener (terbalik), dan juga elco 1mf /50v.
-ternyata pada pin protec tersebut hanya ada tegangan sekitar 2,5v. kecurigaan pun muncul. harusnya paling tidak ada 5v disini.
-mulailah aku cek dari resistor,maap lupa nilainya..hihi.. resistor normal.berlanjut ke dioda Zenner,normal.terakhir tinggal elco 1mf/50v.ga ambil pusing,tanpa cek langsung aja ku ganti dengan elco 4,7mf/50v.
-MesinTv aku nyalakan,dan keluarlah tegangan 5,6v pada pin out IC  tersebut... tapi Tv masih protec karena belum tersambung dengan Defleksi Horizontal... semua socket ku pasang pada jalurnya,termasuk ke CRT .
-Tv pun ku nyalakan,,,, dan Jreeenggg... waduh... ternyata tv ga protec tapi ko gambarnya lebar ke kanan kirinya ? ada apa gerangan?..
-akhirnya bongkar lagi ... usut punya usut , ternyata ada Tr D313 pada jalur defleksi horizontal sebelum ke Ground . yang setelah saya cek Transistor tersebut memang suda KO atau short kaki Colektor dan Emitornya. langsung saja ku ganti..
-TV ku pasang dan ku nyalakan lagi ... wah ternyata memang sudah benar benar beres... gambarnya pun Pas ga kelebaran pun kesempitan he he ...


buat yang baca moga manfaat ...

3 komentar: